Senin, 13 Mei 2013

Terkubur 2 Pekan, Satu Perempuan Selamat

SAVAR - Tim penyelamat Bangaldesh menemukan korban perempuan selamat meski terkubur hidup-hidup selama 17 hari di bawah reruntuhan Gedung Rana Plaza, Jumat (10/5/2013). Korban diketahui bernama Reshma.

Pejabat angkatan darat Bangladesh langsung memerintahkan penghentian operasional alat berat di lokasi. Upaya ini untuk mempermudah menyelamatkan korban dari puing-puing bangunan berlantai delapan itu. Korban melambaikan tangan ke arah tim penyelamat dari lokasi tempat ia terkubur.

Ia berada di ruang bawah tanah gedung tersebut. Tim penyelamat langsung memberikan korban air dan biskuit melalui sela-sela puing bangunan.

Tim menggunakan gergaji tangan serta peralatan lain untuk membuka besi dan puing-puing agar dapat membebaskan Reshma. Tim juga membawa tabung oksigen ke lokasi untuk bantuan pernafasan.

Tim penyelamat telah membersihkan puing-puing bangunan yang runtuh sejak 24 April lalu. Sebanyak 2.500 orang berhasil diselamatkan seusai tragedi terburuk di Bangladesh itu.

Hingga kemarin tim penyelamat telah mengeluarkan 1.039 jenazah dari reruntuhan bangunan. "Kami sudah mengambil 1.039 mayat," kata juru bicara tim penyelamat, Zihadul Islam, seperti dilansir tempo.co.

Ratusan kerabat korban masih berkumpul di sekitar lokasi dengan membawa foto anggota keluarga mereka yang masih hilang. Namun, tim penyelamat mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi jasad yang sudah membusuk di hari ke-17 pasca-insiden terjadi.

"Sekitar 156 korban yang belum teridentifikasi sudah dikubur," ujar Walikota Distrik Dhaka, Mohammad Yousuf Harun. Harun menambahkan, DNA para korban telah dikumpulkan sehingga nantinya dapat dicocokkan dengan keluarga untuk identifikasi. (Fajar/MRNetwork)
http://www.halloriau.com/read-internasional-34614-2013-05-11-terkubur-2-pekan-satu-perempuan-selamat-.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Komentar Anda disini: