Rabu, 15 Februari 2012

Jalan provinsi Rusak Parah, Kadis PU Riau Diminta Mundur

TELUK KUANTAN (RP) - Banyaknya kerusakan sejumlah ruas jalan provinsi di Kabupaten Kuantan Singingi, menandakan tidak seriusnya Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau untuk memperbaiki ruas jalan yang rusak tersebut.

Pasalnya, sekarang sangat banyak masyarakat yang mengeluhkan kerusakan sejumlah ruas jalan, terutama dari Teluk Kuantan menuju Cerenti.

“Memang kerusakan jalan yang ada sekarang dikarenakan ketidaksanggupan Kepala Dinas-nya untuk mengatasi itu. Ya, jika tidak bisa mengatasi itu, lebih baik mundur saja,” tegas Anggota DPRD Provinsi Riau H Abu Bakar Siddik SSi kepada Riau Pos, Ahad (12/2).

Diakuinya, sangat banyak jalan yang kondisinya sangat tidak layak. Jika tetap dilalui, keselamatan pengendara jadi terancam.

Atas keinginan untuk memperhatikan kepentingan yang lebih besar, Abu berharap, Pemprov Riau supaya serius melakukan perbaikan untuk ruas jalan yang rusak di Kuansing.

“Jangan kita tunggu masyarakat sampai mendemo kita ke Pekanbaru. Makanya, kalau tidak sanggup untuk mengatasi kerusakan jalan yang menjadi tanggungjawab kita di provinsi, lebih baik mundur saja,” tegas Abu Bakar.

Kerusakan jalan kondisinya semakin kritis, hal ini menurutnya, disebabkan kendaraan yang melintasi sejumlah jalan provinsi di Kuansing bertonase tinggi. Sehingga kendaraan inilah yang menurutnya, tidak pernah diawasi oleh Dinas Perhubungan Riau.

“Jalan ini kan tidak hanya menjadi tanggung jawab PU saja, tetapi Dinas Perhubungan seharusnya melakukan pengawasan terhadap kendaraan yang melewati jalan kita. Ini ndak, sama sekali tidak ada pengawasan, dan ini sangat kita sayangkan,” kesal Abu.

Jika dua instansi ini tidak benar dalam bekerja sebutnya, ia meminta kepada Gubernur Riau supaya mengevaluasi kinerja mereka. Kalau perlu diganti, karena memang tidak berkinerja bagus. Menurutnya, jalan yang sudah memasuki usia tua itu tidak layak dilakukan tambal sulam. Sebaiknya, Abu menyarankan, agar direhab berat. Karena ia melihat, usai ditambal, jalan kembali rusak.

“Coba lihat sendiri bagaimana kondisi jalan, saya rasa dari penglihatan saya, jalan ini sudah seharusnya kita rehab berat. Karena bisa kita lihat, usai ditambal kembali rusak. Dan kadang ini yang kita perbaiki, ini pula yang rusak,” ujarnya.

Kondisi jalan yang sudah kritis seperti ini, katanya, harus diantisipasi cepat oleh Kepala Dinas PU. Namun upaya ini yang menurutnya tidak dilakukan. “Makanya saya menyarankan supaya mereka yang membidangi itu supaya dilakukan evaluasi,” kata anggota dewan Dapil Inhu-Kuanisng itu.

Sebelumnya, Bupati H Sukarmis mengatakan, anggaran sekitar Rp1,4 miliar untuk rehab jalan Teluk Kuantan ke Cerenti menurutnya tidak ada gunanya. Karena melihat jalan sepanjang sekitar 60 km itu sudah rusak berat. “Apa yang cukup Rp1,4 miliar untuk jalan, saya rasa uang itu hanya bisa untuk membuat kue atau godok,” katanya.(jps)

sumber: http://www.riaupos.co/berita.php?act=full&id=9381&kat=3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Komentar Anda disini: